Kamis, 27 April 2017

Apa Saja Tempat-Tempat Yang Patut dikunjungi Saat Umroh?

Kini saatnya mengulas tentang tempat-tempat yang patut dikunjungi oleh jamaah saat umroh, sayang jika dilewatkan lho......

Sahabat, ada beberapa tempat bersejarah yang menyimpan berjuta kisah hidup baginda Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya dan umat Islam saat itu, serta tempat belanja dan wisata.  
Berikut beberapa tempat tersebut :

1. Maqbarah Baqi’

Maqbarah Baqi’ adalah makam penduduk Madinah, di sini terdapat makam para sahabat dan Keluarga Nabi SAW seperti makam Sayyidina Ustman bin Affan ra, para istri dan putra-putri Nabi. Maqbarah ini terletak di sebelah timur kota Madinah.

Maqbarah Baqi’

Tempat ini patut dikunjungi untuk mengenang perjuangan para sahabat dan kaluarga Nabi SAW yang berjuang jiwa raga untuk membela agama.


2. Maqbarah Badar

Maqbarah Badar adalah makam para pejuang perang Badar yang dijanjikan surga oleh Nabi SAW. Perang Badar adalah perang mulia yang terjadi pada tahun kedua Hijriah. 

Makam Sahabat perang Badar

ini adalah perang pertama dengan jumlah tak pasukan yang tak seimbang, namun umat Islam memperoleh kemenangan. Makam ini terletak di Madinah. Akan sayang jika tidak menyempatkan diri untuk berziarah ke makam oarang-orang mulia tersebut. Karena mereka adalah para mujahid yang mati syahid dan sangat dicintai oleh Nabi SAW. 

3. Jabal Nur (Ghar Hira)

Jabal Nur (Gunung Nur) adalah sebuah gunung yang mempunyai gua bersejarah bernama Ghar Hira (Gua Hira). Gua ini memiliki sejarah penting turunnya wahyu yang pertama kepada Baginda Nabi SAW, ketika beliau melakukan ‘uzlah/menyendiri untuk beribadah kepada Allah SWT. wahyu yang pertama turun adalah 5 ayat pertama dari surat al-Alaq. Gunung ini terletak di sebelah utara Makkah, sekitar 6 km dari Masjidil Haram.

Gua Hira'

Sebagian jamaah bahkan mendaki gunung tersebut untuk memasuki gua bersejarah tersebut. Gua yang sempit yang menjadi tempat Nabi diutus menjadi seorang Rasul untuk menyampaikan ajaran tauhid pada seluruh alam.


4. Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah gunung bersejarah yang menjadi saksi bisu atas pengejaran kaum kafir Qurays terhadap Baginda Nabi SAW, ketika mereka berupaya membunuh beliau. Saat itu adalah saat perjalanan Nabi menuju Madinah bersama sahabat setia beliau, Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Jabal Tsur

Dalam keadaan tersudut beliau bersembunyi di sebuah gua kecil yang disebut dengan Gua Tsur. Namun pertolongan Allah selalu menyertai beliau dengan menjaganya dari musuh-musuhnya, sehingga meskipun dengan jarak yang dekat kaum kafir tersebut tidak melihat keberadaan Nabi SAW beserta sahabatnya. Gunung tsur terletak sekitar 7 km dari Mekah menuju Thaif.


5. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan sebuah bukit tang menandai bertemunya dua orang manusia pertama, yaitu Nabi Adam dan istrinya  Hawa. 

Jabal Rahmah

Bukit ini menjadi ikon pertemuan mereka sejak lama berpisah setelah keduanya diturunkan dari surga akibat godaan iblis yang mengganggu mereka.  Jabl Rahmah terletak di tenggara  yaitu 25 km dari Mekah. Bukit ini adalah bukit batu yang berada di sebelah selatan padang Arafah.

6. Jabal Uhud

Jabal uhud adalah gunung yang menjadi lokasi perang uhud. Salah satu pertempuran bersejarah antara kaum muslimin dan kaum kafir pada tahun 3 Hijriah yang berakhir imbang disebabkan kesalahan beberapa tentara yang tidak patuh pada perintah Nabi SAW. Pada perang ini gugurlah para mujahid yang mati syahid dengan jumlah 70 orang.

Gunung Uhud

Gunung Uhud terletak di bagian utara Madinah. Rasulullah SAW melakukan ziarah ke makam Uhud setiap tahun untuk mendoakan para syuhada’ serta paman beliau yang turut gugur bernama Sayyidina Hamzah bin Abdul Mutthalib.

7. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi SAW setelah meninggalkan Mekah pada tahun 1 Hijriah. Masjid ini terletak di Quba, sekitar 5 km sebelah tenggara kota Madinah.

Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid bersejarah yang diceritakan dalam Al-Quran sebagai masjid yang dibangun atas dasar ketakwaan kepada Allah SWT.


8. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain atau masjid dua kiblat adalah salah satu masjid bersejarah yang menyimpan kisah perpindahan arah kiblat dalam shalat dari Baitul Maqdis di Yerusalem ke arah Ka’bah di Masjidil Haram Mekah pada tahun 2 Hijriah.

Masjid Kiblatain

Masjid ini terletak di Quba, sebelumnya dikenal sebagai masjid Bani Salamah karena merupakan bekas rumah Bani Salamah. Tidak seperti masjid yang lain, masjid ini terbilang unik karena memiliki  dua kiblat.


9. Masjid Kucing

Masjid kucing disebut Masjid Abu Hurairah karena merupakan bekas rumah sahabat Nabi SAW yang bernama Abu Hurairah. Abu Hurairah sendiri artinya adalah bapak kucing kecil, hal sahabat tersebut dipanggil demikian karena kecintaannya memelihara binatang-binatang lucu tersebut .

Masjid Kucing

Masjid ini terletak di sebelah utara Masjidil Haram, kurang lebih berjarak 750 m dari sana.


10. Masjid Terapung

Masjid terapung ini bernama masjid ar-Rahmah , terletak di Jedah di tepi laut merah. Sebelumnya masjid ini bernama masjid Fatimah. 

Masjid terapung

Masjid ini memang bukan masjid bersejarah seperti masjid yang lain, masjid ini dibangun sebagai tempat ibadah dan wisata religi karena berada di tepi laut yang indah di Jedah.  Para jamaah umroh kebanyakan antusias mengunjungi masjid ini karena bisa menikmati pemandangan laut  yang tak bisa ditemui di kota Mekah dan Madinah.


11. Percetakan Mushaf Al-Quran

Percetakan mushaf Al-Quran di Madinah ini adalah percetakan Al-quran terbesar di dunia. Tempat ini sangat istimewa untuk dikunjungi karena bukan hanya merupakan percetakan mushaf Al-Quran saja tapi juga mencetak jurnal terkait kajian dan penelitian tentang kandungan Al-Quran. Dan tentunya hal tersebut akan banyak menambah wawasan dan pengetahuan jamaah yang berkunjung ke sana. 

Percetakan Mushaf al-Quran


Masjid ini disebut Majma’ Malik Fahd li Tiba’atil Mushaf Asy-Syarif atau percetakan Al-Quran Raja Fhad karena didirikan oleh Sang Raja Fahd pada tahun 1984.

12. Kebun Kurma 

Kebun kurma di Madinah merupakan destinasi wisata yang indah. Di sana pengujung bisa menikmati pemandangan kebun kurma luas  yang dialiri sungai-sungai kecil yang tentunya mengingatkan kita pada suasana pedesaan Madinah zaman dahulu.

Kebun Kurma

Di tempat ini pengunjung juga bisa berbelanja aneka buah kurma yang lezat, kue dan coklat di toko-toko yang berderet di depan perkebunan kurma sebagai buah tangan. Kurma yang terkenal dan banyak dicari karena kelezatan dan khasiatnya adalah kurma Ajwa’, yaitu kurma yang ditanam oleh Nabi SAW.

Nah......sekian dulu ulasan mengenai tempat-tempat yang patut dikunjungi saat umroh. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi sahabat yang hendak melakukan ibadah umroh, wallahu a’lam.


EmoticonEmoticon