Kamis, 27 April 2017

Inilah Dia Keutamaan Air ZamZam

Air Zam-Zam........,Namanya tentu tak asing di telinga kita. 
Ia adalah air yang menjadi oleh-oleh favorit dari orang yang melakukan ibadah haji atau umrah. Ia menjadi suguhan penting bagi tamu yang berkunjung sekembali dari umrah bersama buah kurma. 

Inilah Dia Keutamaan Air ZamZam

Tanpa air Zam-Zam rasanya kurang afdhal, orangpun akan bertanya-tanya, mana air Zam-Zamnya?.

Meskipun Cuma sedikit, para tamu akan merasa puas dan senang jika disuguhi air Zam-Zam. Air ini seolah-olah air memiliki keajaiban dan beribu keistimewaan. Benarkah begitu?..

Mari kita simak penjelasan tentang keutamaan air Zam-Zam sesungguhnya.

Sejarah air Zam-Zam

Menurut sejarah, air Zam-Zam adalah air yang muncul berkat hentakan kaki Nabiyullah Ismail as.

Dikisahkan bahwa sewaktu Nabi Ibrahim menikah dengan Siti Hajar yang shalihah, beliau dikaruniai seorang putra bernama Ismail as. 

Saat Nabi Ismail masih bayi mereka tinggal di sebuah gurun yang tandus, tepatnya di dekat Ka’bah di kota Mekah. Belum ada satu orangpun yang tinggal di sana kecuali mereka bertiga. 

Pada suatu saat, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk berangkat menjalankan dakwah. Ia harus rela meninggalkan istri dan anaknya berdua di padang tandus dan kering itu dengan sedikit persediaan makanan dan minuman. 

Dengan bertawakkal kepada Allah SWT dan penuh keyakinan Nabi Ibrahimpun meninggalkan mereka diiringi kesedihan Siti Hajar. 

Setelah Nabi Ibrahim pergi, waktu demi waktu berlalu dan persediaan makanan minumanpun mulai habis. Karena kehausan Siti Hajar tidak lagi bisa menyusui putranya, sebab air susunya telah mengering. Nabi Ismailpun menangis kehausan.

Dalam keadaan bingung Siti Hajar berinisiatif pergi untuk mencari air di tengah gurun, ia berniat sementara waktu meninggalkan Ismail karena tak memungkinkan untuk membawanya.

Siti hajarpun berjalan menyusuri bukit tandus yang kemudian dinamakan dengan bukit Shafa. Dari kejauhan ia seolah melihat mata air, yang sesungguhnyaadalah fatamorgana.

Iapun berjalan menuju mata air tersebut dan menyusuri bukit yang kemudian dinamakan bukit Marwah. 

Demikian terus berulang hingga 7 kali, dengan kesungguhan usaha dan doa ia berusaha mencarikan air minum untuk buah hatinya, meskipun selalu sia-sia.

Setelah merasa tak ada setetes airpun di gurun itu, Siti Hajarpun kembali menuju tempat putranya berada. 

Dan keajaibanpun terjadi, Nabi Ismail atas perintah Allah SWT  tiba-tiba menghentakkan kakinya, yang disusul dengan keluarnya mata air jernih yang terus memancar tanpa henti.

Siti hajarpun berteriak gembira, “Zam-Zam, Zam-Zam,Zam-Zam.....”. yang artinya adalah melimpah ruah.

Keutamaan air Zam-Zam

Pada dasarnya semua air baik yang memancar di bumi atau yang turun dari langit adalah suatu berkah.

Karena dengan air itu manusia dapat minum dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Bumi menjadi hijau dan subur, tanaman dan pepohonan tumbuh, semua makhluk hiduppun dapat hidup dan berkembang.
Allah SWT berfirman dalam surat Qaaf ayat 9:

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam,

Akan tetapi di antara semua air yang ada tentu ada yang lebih utama dari yang lain. 

Menurut para ulama, air yang paling utama adalah air yng keluar dari jari-jemari Rasulullah SAW sewaktu memberi minum pasukan kaum muslimin, lalu selanjutnya adalah air Zam-Zam yang keluar dari sumur Zam-Zam dan bisa kita nikmati hingga sekarang.

Keutamaan air Zam-Zam di antaranya adalah :

  • Berkaitan dengan sejarah kenabian, yaitu Nabi Ismail.
  • Merupakan salah satu mukjizat Nabi Ismail
  • Air yang mengandung keberkahan

Rasulullah SAW bersabda :

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ماء زمزم لما شرب له

“Air Zam-Zam tergantung niat orang yang meminumnya”.

  • Mengandung zat-zat penting yang baik bagi kesehatan tubuh seperti mineral tinggi, natrium, kalium, zat antioksidan dan daya serap iodine. 

Sebagaimana sabda Nabi SAW:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم خير ماء على وجه الارض ماء زمزم فيه طعام الطعم و شفاء السقم

“ Air terbaik yang ada di muka bumi adalah air Zam-Zam, di dalamnya terdapat nutrisi yang mengenyangkan dan penawar penyakit”. 

  • Tidak pernah habis atau kering di sepanjang masa
  • Berada di tempat yang diberkahi. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat al-Imran ayat 96 :

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ 

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia

Dengan kata lain air Zam-Zam adalah air yang berkah dari sisi internal sebagai mukjizat yang mengandung keberkahan, juga dari sisi eksternal karena berada ditempat yang diberkahi.

Oleh karena itu, orang yang meminumnya disunnahkan untuk membaca doa dengan niat yang diinginkan seperti ingin sehat atau sembuh dari penyakit, ingin menguatkan pemahaman dalam belajar dan lain-lain.


Doa yang disunnahkan untuk dibaca adalah :

اللهم إني أسألك علما نافعا ورزقا واسعا وشفاء من كل داء وسقم برحمتك يا أرحم الراحمين

‘’Ya Allah, aku memohon ilmu bermanfat, rizki yang luas dan penawar dari segala penyakit. Dengan rahmat-MU wahai Tuhan yang Maha Penyayang”

Demikianlah sahabat, ulasan mengenai inilah dia keutamaan air Zam-Zam....
Semoga bermanfaat, dan semoga kita senantiasa bisa menikmati air yang penuh keberkahan ini, amiin.....................


  




EmoticonEmoticon