Sabtu, 14 Oktober 2017

Selain Dapat Menurunkan Berat Badan, Kurma Juga Punya 8 Manfaat Untuk Kesehatan

Buah Kurma Untuk Kesehatan - Buah Kurma merupakan buah yang tidak asing lagi bagi umat Islam, apalagi yang sudah berkunjung ke Mekah atau Madinah, untuk ibadah haji, bisa dipastikan mereka mencicipi buah yang sangat disukai oleh Rasulullah saw. tersebut.

Selain Dapat Menurunkan Berat Badan, Kurma Juga Punya 8 Manfaat Untuk Kesehatan

Rasulullah saw. sendiri sangat suka mengkonsumsi buah kurma, baik kurma basah atau kurma kering. Hal ini terrbutki dalam sebuah hadith yang diriwayatkan Anas bin Malik, Bahwa sebelum Rasulullah hendak melaksanakan shalat maghrib, beliau terbiasa berbuka dengan beberapa Ruthab (sebutan untuk kurma basah), dan jika tidak ada, maka dengan beberapa Tamr (sebutan untuk kurma kering), dan jika tidak ada maka beliau berbuka dengan seteguk air putih.

Memiliki nama latin "Phoenix dactylifera", buah kurma sering kali dihidangkan pada saat kedatangan jamaah haji atau umrah, dan apakah sahabat tahu sejarah buah kurma itu sendiri?

Dikutip dari berbagai sumber, para sejarawan tidak bisa memastikan sejak kapan buah kurma mulai dikonsumsi oleh manusia. Buah dengan kandungan serat tinggi ini, memang lazim ditemukan di kawasan tandus dengan cuaca manis.

Di kawasan timur tengah, buah kurma sudah menjadi makanan pokok selama ribuan tahun, dan diyakini buah tersebut berasal dari Teluk Persia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya bukti sejarah, bahwa kaum persia sudah membudidayakan kurma sekitar 4000 tahun sebelum masehi.

Terlepas dari bagaimana sejarah buah kurma, dan dimana atau sejak kapan ditemukan, nyatanya kurma sering diidentikkan dengan kawasan timur tengah dan menjadi oleh-oleh wajib bagi jamaah haji yang pulang dari ibadah haji dan umrah.

Khasiat dan Manfaat Buah Kurma

Seperti disinggung diatas, Buah Kurma tidak hanya berfungsi diet bagi orang yang kelebihan lemak atau obesitas, setidaknya ada depalan khasiat lain yang dikandung buah kurma. Apa saja? berikut ulasannya :


1. Menguatkan Tulang

Buah Kurma kaya akan kalsium, kandungan zat ini tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, dan dapat mencegah dari keropos. Oleh sebab itu, sejak dini kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma dua butir satu hari secara rutin, terutama bagi lansia, yang kesehatan tulangnya membutuhkan perhatian ekstra.


2. Mengobati Susah Buang Air Kecil

Mengkonsumsi 5 butir buah kurma, ternyata dapat mengobati kesulitan buang air kecil. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian para dokter dari Riyadh University. Mereka menegaskan, kandungan nutrisi dalam buah kurma, dapat membantu melancarkan dan bahkan mengobati penyakit susah buang air kecil.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Kurma juga mengandung serat yang tinggi, dan sebagaimana diketahui setiap menusia membutuhkan serat untuk membantu menyeimbangkan kesehatannya, dan buah kurma adalah buah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut.

4. Mengobati Susah BAB

Kurma juga diyakini mampu mengobati susah BAB, hal ini disebabkan kurma memiliki kandungan nik0tin, yang secara medis dapat mengatasi gangguan usus besar.


5. Mengobati Penyakit Anemia

Jika ada diantara pembaca sedang terkena anemia, maka buah kurma sangat tepat untuk dikonsumsi sebagai obat anemia. Sebab ternyata Kurma mengandung zat besi yang aman, dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang zat kimia.


6. Mengobati Penyakit Anemia

Jika ada diantara pembaca sedang terkena anemia, maka buah kurma sangat tepat untuk dikonsumsi sebagai obat anemia. Sebab ternyata Kurma mengandung zat besi yang aman, dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang zat kimia.


7. Meningkatkan Berat Badan

Selain bisa menjadi alternatif diet, mengkonsumsi kurma nyatanya bisa menambah berat badan yang ideal. Hal ini, karena buah kurma tersebut mengandung kalori yang mencapai angka 3000 kalori. Artinya, jika ada yang mengalami masalah dengan badan kurus, tidak salahnya memilih kurma sebagai alternative meningkatkan berat badan yang ideal.


8. Mengobati Penyakit Alergi

mengkonsumsi buah kurma secara rutin, 3 butir sehari, ternyata dapat membantu mengobati penyakit alergi, sebab kurma juga mengandung zat sulfur yang dapat mengatasi penyakit tersebut.

Demikianlah manfaat-manfaat buah kurma untuk kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat kurma, khususnya untuk kecantikan, dan InsyaAllah akan kami bahas pada tulisan berikutnya, semoga dengan buah kurma ini, kesehatan anda semakin terjaga, selamat hidup sehat.


EmoticonEmoticon